Kelebihan dan kekurangan dari blogspot

Kelebihan dan kekurangan platform blogspot - Pada saat pertama kali ingin membuat blog, banyak orang yang bingung mau memilih apa sebagai tempat membuat blog. Banyak tersedia berbagai pilihan platform mulai dari blogspot, wordpress, blog detik dan lain sebagainya. Bagi sobat yang memilih platform untuk membuat blog setidaknya sobat bisa ketahui kelebihan dan kekurangan dari platform yang sobat pilih. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari platform blogspot.

Kelebihan dan kekurangan blogspot

Pertama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa saja kelebihan dan keunggulan dari platform blogspot. Baru setelah itu kita akan berlanjut pada kekurangan dari blogspot.

Kelebihan dan keunggukan dari platform blogspot

1. Blogspot itu milik google

Semua orang tau bahwa blogger.com merupakan platform milik google, dan tentu saja ini menjadi salah satu kelebihan dari blogspot. Untuk itu sudah tidak asing lagi bagi kita jika blogspot dapat bersaing dengan domain TLD di mesin pencari google. Jadi secara tidak langsung memilih blogspot sebagai platform dari blog yang sobat kelola merupakan pilihan yang tepat.

2. Blogspot itu mudah dan praktis 

Tentu saja mudah dan praktis untuk mendapatkan blog dari blogspot ini sangat mudah sekali. Kita hanya perlu mempunyai 1 akun google (Gmail) saja kita sudah dapat mendaftar di blogspot. Selain itu kita juga bisa merubahnya menjadi domain TLD (Top Level Domain) seperti .com .net. info dan lain sebagainya. Karena blogspot di fasilitasi dengan custom domain yang dapat kita ganti. Struktur dari blogspot pun mudah di pahami walaupun masih pemula.

3. Blogspot dapat dengan mudah di modifikasi

Kelebihan selanjutnya dari blogspot yaitu dapat dengan mudah di modifikasi, baik itu memodifikasi tampilan, struktur kodenya dan lain sebagainya. Banyak juga tutorial-tutorial yang menyediakan cara memodifikasi blog, menambah CSS, HTLM/javascript. Jika sobat memiliki pengetahuan tentang kode-kode modifikasi blogspot maka akan dengan mudahnya sobat menguasai platform yang satu ini.

4. Blogspot itu SEO dan user friendly

Seperti yang saya katakan pada bagian pertama di atas bahwa blogspot itu milik google. Sebagai mesin pencari tersukses tentunya google juga akan lebih memprioritaskan blogspot memiliki pencarian yang bagus di mesin pencarinya. Selain itu blogspot juga user friendly maksudnya adalah ramah kepada pengguna, mudah digunakan, dan mudah dipahami walaupun tidak tau tentang kode kode HTML bagi seorang pemula.

Kekurangan dari blogspot

1. Tampilan dari blogspot biasa saja

Mengenai tampilan dari blogspot, pada saat pertama kali mendaftar kita melihat bahwa template yang di sediakan oleh sangat sederhana dan biasa saja, bahkan kurang menarik untuk dilihat. Sobat bisa juga mengunduh dan mengganti template pada blog tetapi itupun masih terlihat biasa saja jika belum di edit lagi. Perlu sedikit pengetahuan dan skill HTML untuk merubah tampilannya menjadi menarik.

2. Menulis artikel kurang leluasa

Pada saat kita menulis artikel pada blogspot, kita melihat bahwa menu-menu dari blogspot kurang lengkap, tidak seperti di wordpress. Jadi kita kurang leluasa untuk menulis artikel.

3. Blogspot terikat dengan peraturan google

Yang ini mungkin kita semua sudah pada mengetahuinya, karena sudah jelas blogspot itu milik google, jadi terikat dengan peraturan dari google. Jika kita melanggar TOS atau peraturan dalam menggunakan blogspot ini, maka google akan memberikan sandbox, penalty dan banned kepada blog kita. Jadi jangan coba-coba untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan peraturan google selama kita menggunakan platform blogspot.

Mungkin hanya itu kelebihan dan kekurangan yang dapat saya jelaskan, semoga sobat dapat memahami penjelasan tersebut. Sekian artikel kali ini tentang kelebihan  dan kekurangan blogspot. Semoga bermanfaat bagi sobat.
Tag : Internet
8 Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan dari blogspot"

kalo saya suka blogspot gan mudah di kelola dan di pahami....

nice info gan,, visit back http://arteri-info.blogspot.com

kalo bagi blogger yang kekurangan modal sih ini yang di cari gan, dikarenakan blogspot atau blogger itu gratis tidak perlu modal. info yang menarik ini gan. Terima Kasih

Ini reason ane pke blog , nice info gan

ya bner blogspot itu lebih praktis gan,
di bandingkan dengan wordpress malah banyak mebutuhkan plugin yang di intal
http://www.androhardcore.tk/

memang bagus blogspot (y)
tapi saya pindah dari blogspot karena kurang cocok dengan struktur kode2 ditemplatenya :)

tambah lagi mimin sufyan blogcepot itu kelebihanya hosting milik google sehingga cepat di akses dari wilayah manapun dan lebih safety

jadi tahu sekarang bagaimana memfungsikan blogspot dengan baik

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top