Tips menulis artikel yang SEO friendly

Tips menulis artikel yang SEO friendly - Halo sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips bagaimana cara untuk menulis artikel yang SEO friendly. Artikel tentunya merupakan hal utama bagi para blogger, karena artikel blog akan ramai di datangi oleh  pengunjung. Jika sobat ingin artikel sobat tampil di halaman pertama mesin pencari, maka sobat  harus melakukan optimasi pada artikel tersebut. Tentu optimasi sangatlah penting untuk menunjang dan memberikan page rank yang tinggi pada artikel yang sobat buat. Namun banyak para blogger khususnya pemula hanya membuat artikel dengan menumpukkan kata kunci saja tanpa memperhatikan isi dan deskripsi yang cocok untuk artikel yang mereka buat, demi membuat artikel mereka muncul di halaman pertama mesin pencari.

Optimasi SEO

Namun tahukah sobat, menumpukkan kata kunci pada artikel yang dibuat justru tidak disukai oleh mesin pencari, jika tidak disukai maka otomatis artikel yang sobat buat akan sulit muncul di halaman teratas mesin pencari. Hal ini sering di lalaikan oleh para blogger khususnya pemula yang hanya mengejar target agar artikelnya mudah di index. Untuk sobat blogger yang ingin menulis artikel yang SEO dan mudah di index sebaiknya perhatikan tips berikut ini.

Baca juga: Cara menulis artikel dengan baik dan benar

1. Buatlah artikel yang sobat kuasai

Dalam membuat sebuah artikel tentunya topik pembahasan yang akan sobat buat harus di kuasai dulu. Jika sobat membuat artikel tetapi belum menguasai artikel tersebut sepenuhnya maka pada pertengahan sobat akan kesulitan untuk memikirkan kata-kata yang akan ditulis. Lain halnya dengan artikel yang sobat kuasai, jika sobat sudah menguasai artikel yang akan dibuat sepenuhnya, maka menulisnya pun akan sangat mudah dan lancar tanpa mengalami kesulitan. Jadi  penguasaan artikel juga merupakan faktor pendorong kualitas artikel yang sobat buat.

2. Utamakan kemudahan pengunjung dalam membaca

Maksudnya adalah, dalam menulis artikel sobat sebaiknya menggunakan kata-kata yang baku dan mudah untuk dipahami. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit seperti menggunakan bahasa daerah, bahasa gaul, dan sebagainya. Jadi utamakanlah kemudahan pengunjung untuk membaca artikel sobat sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Jika sudah seperti itu maka dijamin pengunjung akan betah untuk berlama-lama di blog sobat. Lamanya pengunjung membuka blog sobat juga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi SEO yang bagus pada blog sobat.

3. Menggunakan format heading

Dalam menulis artikel, saya sarankan sobat juga menggunakan format heading pada kata kunci yang di bidik. Biasanya format heading digunakan pada teks yang di ambil dari judul dan lebih diperjelas lagi. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Sobat tinggal blok saja tulisan yang akan dibuat menjadi heading, lalu sobat pilih heading pada menu yang sudah di sediakan oleh blogspot.

4. Gunakan meta deskripsi atau deskripsi penelusuran

Meta deskripsi juga sangat penting dalam menunjang artikel sobat agar lebih SEO. Fungsi dari meta deskripsi yaitu memberitahukan atau lebih tepatnya menggambarkan kepada pengunjung tentang apa yang dibahas dalam artikel  yang sobat buat. Cara membuat meta deskripsi sangat mudah, sobat tinggal mengisi saja deskripsi penelusuran yang ada di sebelah kanan tempat menulis artikel. Sobat isi dengan minimal 140 karakter.

5. Gunakan internal link

Sobat juga bisa memasang internal link pada artikel sobat. Jadi fungsi dari internal link adalah mempersingkat dalam arti memperjelas artikel yang sobat buat. Maksudnya apa ? maksudnya seperti contoh. Misalkan sobat membuat artikel tentang cara optimasi SEO pada blog. Nah di dalam deskripsi tersebut ada sebuah penjelasan yang terlalu panjang untuk dijelaskan, jadi sobat bisa menggunakan internal link yang mengarah pada penjelasan yang belum dibahas pada artikel sobat, dan link tersebut akan mengarah pada artikel lainnya yang sudah sobat tentukan. 

Mungkin cara di atas dapat sobat terapkan dalam menulis artikel agar lebih SEO dan mudah untuk di index oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing  dan lain sebagainya. Semoga apa yang sobat baca pada artikel kali ini dapat bermanfaat buat sobat.
15 Komentar untuk "Tips menulis artikel yang SEO friendly"

wah makasih gan
bisa jadi solusi buat ane

Alhamdulillah ane sudah menerapkan semua tips diatas

makasih gan udah share :D nice, bermanfaat banget buat ane

thanks gan tips nya keren mau nerap in dulu

sama-sama gan, silahkan semoga sukses selalu

bener juga ye gan , harus banyak belajar nih

Mantab bang tipsnya. saya akan menerapkannya dalam menulis artikel diblog. thanks

Mau ane terapin nieh thx gan infonya

wah artikelnya bermanfaat mas.mau coba praktek dulu

Kalo untuk tag image gmn ya caranya?

klik image nya trus pilih properti tambahkan tittle dan alt pada image tersebut

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top