Tips Agar Fokus Saat Menulis Artikel Di Blog

Tips agar fokus saat menulis artikel di blog - Menulis artikel merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh para blogger. Dalam menulis artikel hal yang perlu sobat perhatikan adalah konsentrasi dan fokus terhadap apa yang sobat tulis. Hal ini sangat perlu untuk sobat lakukan dan hal ini pula sangat mempengaruhi kualitas tulisan sobat. Jika sobat kurang fokus saat menulis, maka dapat dipastikan artikel yang sobat tulis akan berantakan dan acak-acakan. Berbeda halnya jika sobat menulis dalam keadaan fokus dan konsentrasi, maka artikel yang dihasilkan pun akan berkualitas dan menarik untuk di baca.

Fokus menulis artikel


Setiap blogger atau bahkan para penulis lainnya tentu menginginkan tulisan mereka berkualitas dan menarik, termasuk sobat juga. Menulis artikel itu sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, apalagi jika sobat sudah menguasai penuh artikel yang akan sobat tulis di blog. Nah, untuk memaksimalkan kemudahan tersebut, sobat hanya perlu fokus saja saat menulis. Berikut ini beberapa tips untuk sobat agar tetap fokus saat menulis artikel.

Tips fokus saat menulis artikel


1. Perhatikan waktu menulis artikel


Waktu menulis sangat penting untuk sobat, jika sobat menulis pada waktu yang mepet dengan pekerjaan lain sobat maka hasilnya sobat akan tegesa-gesa dalam menulis dan tulisan pun akan berantakan, jadi sebaiknya sobat menulis pada saat waktu luang sobat banyak agar saat menulis bisa merasa santai dan tenang.

Baca juga: 6 Manfaat dari kegiatan blogging

Selain itu pula, usahakan sobat menulis artikel pada waktu keadaan sedang tenang agar sobat mudah fokus dalam menulis dan mengeluarkan ide-ide yang ada dalam pikiran sobat. Jadi janganlah sobat sekali-kali menulis dalam keadaan yang kurang baik seperti ada keributan, sedang sakit, sedang ada masalah dan lain sebagainya, itu bisa mempengaruhi kualitas artikel yang sobat tulis.

2. Matikan ponsel saat menulis


Pada saat menulis artikel sebaiknya sobat mematikan ponsel sobat. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada gangguan yang akan membuat sobat tidak fokus dalam menulis artikel. Bayangkan saja jika sobat menyalakan ponsel saat menulis artikel dan tiba-tiba ponsel tersebut berbunyi, maka saya yakin pasti pikiran sobat akan terganggu mau lanjut nulis atau jawab telepon/pesan yang datang. Hal ini dapat mengganggu sobat, jadi matikan ponsel atau sobat bisa menjauhkannya dari tempat menulis artikel agar suaranya tidak terdengar.

3. Tutup tab sosial media pada browser


Sama halnya dengan poin kedua di atas bahwa membuka tab sosial media pada saat sobat menulis artikel akan dapat mengganggu sobat dan akan membuat sobat tidak fokus menulis. Terutama facebook, bayangkan saja jika saat sobat sedang nyaman dan enak menulis tiba-tiba ada pemberitahuan atau pesan yang muncul pada tab facebook, maka konsentrasi sobat akan terganggu karena memikirkan ada apa di balik pemberitahuan atau pesan tersebut. Jadi, sebaiknya sobat tutup semua tab media sosial atau pun tab lainnya dan hanya tab blogger yang biarkan terbuka.

4. Rapikan tempat sobat


Kalau semua kelihatan rapi maka siapa saja yang melihatnya pasti akan merasa tenang dan nyaman, begitu juga sobat yang sedang menulis artikel, jika tempat sekeliling sobat rapi maka sobat akan merasa nyaman dan akan fokus untuk menulis artikel, berbeda halnya jika tempat sobat kurang rapi pada saat melihat tempat yang kurang rapi maka konsentrasi sobat pun akan hilang. Jadi merapikan tempat menulis merupakan pilihan yang tepat untuk sobat.

5. Motivasi diri sobat


Motivasi sangat penting untuk sobat, jika motivasi sobat dalam menulis sangat kuat maka saya yakin sobat akan tetap berusaha semaksimal mungkin membuat artikel yang berkualitas dan menarik untuk dibaca oleh orang lain. Tetapi jika motivasi pada diri sobat kurang begitu kuat, maka sebaiknya sobat jangan menulis terlebih dahulu, tunggulah sampai motivasi pada diri sobat benar benar kuat.

Baca juga: Motivasi bagi seorang blogger pemula

Itulah beberapa tips yang dapat sobat terapkan agar fokus saat menulis artikel, semoga apa yang sobat baca pada artikel ini bermanfaat buat sobat, sekian dan terima kasih atas perhatinnya.
5 Komentar untuk "Tips Agar Fokus Saat Menulis Artikel Di Blog"

nah point yang ke 4 itu seperti nya berat gan, karna butuh waktu paling ga sehari beresin meja,,hehehe, salam kenal kunjung balik ya digubuk saya

Makasih yaa gan tipsnya,terkadang ane saat menulis artikel itu ngga fokus. ada ajaa gangguan yang ane hadapin.
nah,yang paling ane setuju itu point yang nomor 3 (Y)

hehe tetap fokus gan, salam blogger

sip, thanks udah berkunjung gan

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top