Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster - Jika sobat mempunyai sebuah blog baru ataupun blog lama, sobat tentunya ingin blog sobat bisa cepat terindex oleh mesin pencari google. Memang setiap blog yang mempunyai artikel akan terindex di google walaupun kita tidak melakukan optimasi apapun, karena blogspot itu merupakan milik google sudah pasti google akan megindex blogspot walaupun tidak ada optimasi yang dilakukan.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan blogspot

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

Tetapi perlu sobat perhatikan juga, artikel yang baru sobat buat tidak akan langsung terindex dengan sempurna di google. Akan membutuhkan waktu yang sangat lama bagi google untuk mengindex artikel blog sobat jika tidak ada upaya yang dilakukan seperti tidak ada optimasi pada artikel tersebut. Untuk itu sobat perlu melakukan sebuah tindakan atau upaya optimasi supaya artikel pada blog sobat bisa cepat di index oleh mesin pencari google. Pada artikel kali ini saya akan mengajak sobat untuk optimasi blog sobat. Salah satunya dengan cara mendaftarkan blog ke google webmaster.

Fungsi dari google webmaster sendiri sangat banyak sekali, mulai dari mendapatkan informasi bagaimana cara google merayapi blog sobat, Melihat statistik kunjungan pada, melihat URL yang tidak terindeks agar bisa secepatnya diatasi, mempermudah mesin pencari mengindex blog sobat, dan masih banyak lagi fungsi dari google webmaster. Baiklah langsung saja sobat daftarkan blog sobat dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara mendaftarkan blog ke webmaster

 1. Masuk ke google webmaster 
2. Masuk ke search console, lalu sign in dengan akun blog sobat.
3. Setelah itu tambahkan properti dan masukkan URL blog sobat seperti gambar di bawah ini.

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

4. Klik add site, kemudian setelah itu masuk pada dasbord webmaster dan klik roda bergerigi di pojok kanan atas, lalu pilih menu verification details.

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

5. Kemudian sobat akan dibawa ke halaman verifikasi. lalu sobat klik verify using a different method.

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

6. Selanjutnya sobat akan dibawa lagi ke halaman untuk memilih jenis verifikasi yang akan dilakukan. Sobat pilih saja opsi HTML TAG

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

7. Lalu copy kode yang ada pada opsi HTML TAG tersebut ke blog sobat dengan cara masuk ke blogger, kemudian pilih menu Template>edit HTML kemudian paste kode tersebut tepat dibawah kode <head> lalu klik simpan

8. Kembali lagi ke menu verifikasi, lalu sobat klik Verify yang berwarna merah.

Proses untuk mendaftarkan blog ke google webmaster telah selesai. Dan sekarang artikel yang sobat tulis pada blog akan lebih mudah untuk di index oleh mesin pencari google. Itulah tadi cara mendaftarkan blog ke google webmaster. Semoga artikel yang sobat  baca pada kali ini dapat bermanfaat buat sobat. Sekian dan terima kasih atas perhatinnnya.
8 Komentar untuk "Cara mudah mendaftarkan blog ke google webmaster"

terima kasih banyak atas infonya, sudah saya terapkan di blog ane.. salam blogger semoga sukses selalu

Kalo bikin sitelink pake webmaster bisa?

jreng , blog saya sekarang sudah terdaftar ke webmaster google. terimakasih gan

Alhamdulilah berhasil gan walaupun caranya agak beda dengan yang diatas :D

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top