Cara optimasi SEO off page pada blog

Cara optimasi SEO off page pada blog - Sebelumnya apakah sobat sudah tau apa itu SEO ? jika sobat belum paham betul tentang SEO silahkan sobat baca: Pengertian dan manfaat SEO. Kita mengetahui bahwa SEO itu dibagi menjadi dua yaitu SEO on page dan SEO off Page. Hal yang akan kita bahas pada kali ini yaitu bagaimana cara optimasi SEO off page pada blog. SEO off page merupakan langkah optimasi yang dilakukan dari luar situs atau blog. Upaya yang akan kita lakukan dalam mengoptimalkan blog dengan cara optimasi SEO off page yaitu dengan mencari baclink yang mengarah pada halaman utama situs atau blog kita.

Optimasi SEO off page

Dengan mendapatkan backlink maka sobat sudah menerapkan optimasi SEO off page pada blog yang sobat kelola. Lalu apa manfaat dari SEO off page ? Soal manfaat dari SEO sebenarnya sudah jelas dan sudah sobat ketahui pada saat baru mengenal SEO, manfaat dari SEO off page tentu saja sangat banyak salah satunya yaitu meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke blog sobat dan masih banyak manfaat lainnya yang akan sobat rasakan setelah melakukan optimasi pada blog sobat. Bagaimana cara optimasi SEO off page ? Simak beberapa langkah untuk optimasi SEO off page pada blog, berikut ini.

1. Submit artikel ke social bookmark (Sosbok)

Pentingkah untuk submit artikel ke sosbok ? tentu saja sangat penting untuk mengoptimalkan blog sobat supaya mendapatkan taraffic/kunjungan yang tinggi. Sobat tinggal menulis di sosbok dengan menyertakan link artikel sobat pada tulisan tersebut, sehingga jika ada orang yang membaca maka akan langsung bisa masuk menuju blog sobat, otomatis kalau sudah begitu maka tidak menutup kemungkinan blog sobat akan ramai didatangi oleh pengunjung.

2. Blogwalking

Apa itu blogwalking ? Blogwalking merupakan kegiatan saling mengunjungi blog dan saling menaruh komentar pada blog. Artinya sobat bertukar komentar dengan orang lain. Kegiatan ini juga selain bagian dari optimasi SEO off page juga sebagai ajang silaturrahmi antar sesama blogger, biar saling mengenal dan dapat bertukar informasi pada blog masing-masing. Semakin sering sobat melakukan blogwalking maka semakin banyak juga pengunjung yang datang ke blog sobat dan meninggalkan komentar, dengan itu maka blog sobat bisa di anggap sebagai blog populer oleh mesin pencari dan akan mendapat rank yang bagus di mata mesin pencari.

3. Share artikel ke sosial media

Untuk memaksimalkan pengunjung pada blog sobat, sebaiknya sobat juga melakukan SEO off page dengan cara membagikan artikel yang telah sobat buat ke sosial media seperti facebook, twitter, google plus, dan media lainnya. Jika ada orang yang melihat (pastinya ada) artikel sobat dan tertarik untuk membacanya maka sobat akan mendapatkan kunjungan dari sosial media. Bagaimana jika sobat membuat artikel menarik, sudah pasti blog sobat akan kebanjiran pengunjung dar orang-orang yang penasaran dan ingin membaca artikel sobat. Jadi manfaatkanlah sosial media sebagai salah satu tempat optimasi SEO off page.

4. Forum

Salah satu tempat promosi blog yang bagus juga di forum. Banyak forum-forum online yang membahas tentang suatu topik. Nah jika topik yang dibahas pada forum tersebut sesuai dengan apa yang dibahas pada blog sobat, maka sobat bisa melakukan promosi blog pada forum-forum tersebut dan berpeluang mendapatkan kunjungan yang banyak pada blog sobat.

Baca juga: tips jitu meningkatkan jumlah pengunjung pada blog

Itulah tadi beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk mengoptimalkan blog dengan melakukan optimasi SEO off page. Sekian artikel kali ini semoga apa yang sobat baca pada blog ini dapat bermanfaat buat sobat.
Tag : SEO
14 Komentar untuk "Cara optimasi SEO off page pada blog"

sudah kupake semua caranya, mantap infonya, thank you

Makasih gan, tinggal prakekin aja nih ehehe

sama-sama gan, silahkan semoga berhasil

Makasih gan, sangat membantu untuk saya

wah mantab sekali infonyaa

sama-sama gan, semoga bermanfaat

kayaknya kesemuanya sudah saya terapkan, apakah mungkin ada jurus jitu khususnya untuk blog saya ya gan? soalnya blog penyedia kitab.

Kalau dirasa semua teknik SEO sudah agan terapkan ke blog agan, maka tinggal menunggu prosesnya saja gan, dan proses tersebut tidak cepat tetapi membutuhkan waktu, jadi agan tetap konsisten saja membangun blognya

sudah di praktikan smeua, tapi visitor masih biasa2 saja. mungkin ada solusi lainnya ?

tetap konsisten memuat artikel berkualitas gan, jangan pernah bosan, lama-kelamaan nanti pasti blog agan akan ramai,

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top