Langkah awal bagi blogger pemula

Langkah awal bagi blogger pemula - Halo sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membahas langkah-langkah awal yang perlu dilakukan oleh seorang blogger pemula. Berbicara mengenai blog, pasti terlintas di pikiran sobat semua untuk segera menulis artikel sampai benar-benar dapat dibaca oleh orang lain melalui mesin pencari. Jika kita membuat blog dan artikelnya dapat dibaca oleh orang lain tentu menjadi suatu kebanggaan buat kita, karena bisa berbagi kepada orang lain.

Langkah awal bagi blogger pemula

Namun di samping semua itu, kita perlu belajar dalam hal blogging, jika ingin menjadi seorang blogger yang selalu dapat berbagi kepada orang lain. Apa yang harus dipelajari dalam dunia blogging ? Dalam dunia blogging banyak yang dapat kita pelajari, mulai dari bagaimana caranya menulis artikel dengan baik dan benar sehingga nyaman untuk dibaca oleh pengunjung, belajar cara optimasi blog melalui ilmu SEO agar blog yang kita buat dapat dengan mudah dicari oleh orang lain melalui mesin pencari, dan banyak hal lagi yang dapat kita pelajari dari dunia blogging. Apa manfaat blogging ? Soal manfaat dari blogging sangat banyak juga mulai dari mendapat banyak teman blogger, belajar berpikir kritis dalam menulis artikel, dapat menghasilkan uang lewat blog, dan lain sebagainya.

Dari segi manfaat blogging salah satunya dapat menghasilkan uang, yang bener aja bro ? iya bisa lewat jaringan periklanan seperti google adsense. Hal inilah yang membuat semangat para blogger pemula untuk terus maju dan membangun blog mereka sampai dapat menghasilkan dari blog. Tetapi bagi pemula tentu saja hal tersebut belum cocok untuk dilakukan karena masih awam dalam dunia blogging, sebaiknya untuk pemula jangan memikirkan hal tersebut dulu, pikirkanlah bagaimana caranya membuat artikel yang bermanfaat buat orang lain. Jika sudah begitu maka semua kesuksesan dalam blogging akan mudah untuk di dapat. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk seorang blogger yang masih pemula ? Berikut akan saya ulas beberapa langkah awal bagi seorang blogger pemula.

Langkah awal ngblog bagi seorang pemula

1. Membuat blog baru

Tentu saja jika ingin menjadi seorang blogger harus mempunyai blog. Jika sobat belum tau cara membuat blog sobat bisa cari di google atau bisa baca artikel saya disini tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah.

Baca: Cara membuat blog dengan mudah

2. Tentukan tujuan ngeblog

Tujuan merupakan hal yang paling utama bagi seorang blogger. Dengan tujuan maka, akan sangat mudah bagi seorang blogger menentukan apa yang harus dilakukan kedepannya untuk terus membangun blognya supaya populer dan dikenal banyak orang. Sebenarnya ada dua tujuan seorang dalam melakukan kegiatan blogging. Yang pertama yaitu sebagai sarana mengisi waktu luang saja dengan menulis dan yang kedua ingin sukses di blogging dan dapat menghasilkan. Jadi tujuan sobat yang mana ? jika sudah menentukan tujuan maka fokuslah pada tujuan tersebut.

3. Menentukan topik pembahasan

Setelah sobat menentukan tujuan dalam melakukan kegiatan blogging, maka selanjutnya sobat tinggal menentukan topik yang akan sobat bahas pada blog yang telah sobat buat. Sebaiknya sobat memilih topik yang benar-benar sobat kuasai atau topik yang menjadi hobi sobat. Dengan begitu maka saat menulis artikel sobat tidak akan kebingungan dalam menulis dan memikirkan kata-kata karena sobat sudah sepenuhnya menguasai topik pembahasan. Saya sarankan sebaiknya sobat memilih dan menggunakan satu topik saja pada blog sobat supaya nantinya tidak pusing-pusing mencari topik lain.

4. Belajar dan banyak mencari referensi

Belajar merupakan hal yang harus sobat lakukan agar dapat mengenal lebih jauh tentang dunia blogging. Banyak media-media yang bisa sobat manfaatkan sebagai tempat belajar dan mencari referensi, diantaranya internet, buku, dan media lainnya. Apa yang harus dipelajari ? banyak sekali yang perlu sobat pelajari seperti cara optimasi blog, membuat artikel dengan baik dan benar, bagaimana caranya mendatangkan banyak pengunjung dan lain-lain. Jadi jika ingin bisa sepenuhnya sobat harus banyak belajar dan mencari referensi.

Baca juga: Langkah optimasi untuk blog baru

Mungkin itu saja hal yang perlu sobat lakukan untuk awal langkah sobat dalam membangun sebuah blog, dan itu juga adalah pengalaman saya sebagai blogger pemula. Intinya banyak belajar dan terus mencari referensi entah itu dari media ataupun dari orang lain. Sekan untuk artikel kali ini semoga apa yang sobat baca bermanfaat buat sobat, terima kasih atas perhatiannya.
1 Komentar untuk "Langkah awal bagi blogger pemula"

Terima kasih jangan lupa kunjungan baliknya

www.wirid.id

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top