Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan

Peranan TIK dalam dunia pendidikan - Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat untuk membahas peranan dari teknologi informasi dan komunikasi. Peranan TIK perlu kita ketahui bersama supaya kita bisa memanfaatkan teknologi yang canggih pada zaman sekarang ini di dalam dunia pendidikan. Kebanyakan orang hanya mengenal tetapi peranannya belum banyak diketahui sehingga pemanfaatannya masih kurang. Berikut ini peranan dari TIK dalam dunia pendidikan.

Peranan TIK

Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini telah terbukti sebagai sarana komunikasi yang sangat handal dan sebagai sumber informasi yang tidak terbatas. Teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan hampir dalam setiap aspek kehidupan.

Di Indonesia pemanfaatan internet sebagai sarana pendidikan masih sangat minim. Untuk tingkat perguruan tinggi saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan itupun belum maksimal.

Masih banyak aplikasi-aplikasi di internet yang belum digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan yang dilakukan. Untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi jauh lebih minim lagi. Ada beberapa bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Berbagi hasil penelitian

Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk berbagi hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di belahan dunia manapun. Teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia yang berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.

2. Konsultasi dengan pakar

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, jarak bukan menjadi masalah lagi karena kita dapat berkonsultasi dengan para pakar tanpa dibatasi oleh jarak, seorang mahasiswa di pulau kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan seorang dosen yang ada di pulau Jawa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di internet.

3. Perpustakaan online

Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Dengan menggunakan perpustakaan online, kita dapat mencari informasi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

4. Diskusi online

Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Diskusi online juga dapat memungkinkan seorang pelajar dapat berdiskusi dengan seorang ahli.

5. Kelas online

Kelas online banyak digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas terbuka dan sekolah terbuka. Materi-materi yang diberikan sama seperti kelas reguler, bahkan materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik. Beberapa situ di internet telah menyediakan bahan-bahan pelajaran yang diberikan secara gratis. Misalnya situs yang dapat kita manfaatkan adalah ilmu komputer.com (membahas tentang teknologi) dan masih banyak lagi situs yang bisa kita kunjungi.

Itulah tadi beberapa peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Semoga kita bisa memanfaatkan teknologi yang canggih pada zaman sekarang ini dengan maksimal agar bermanfaat buat kita sekalian. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat buat sobat yang telah membaca.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan"

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top