Tips menemukan ide dalam menulis artikel

Tips menemukan ide dalam menulis artikel - Pada saat sobat mulai membuat sebuah blog, pada saat itulah  sobat mulai mengeluarkan segala pikiran dan ide-ide sobat untuk menulis artikel pada blog yang baru sobat buat. Memang pada saat kita pertama kali membuat sebuah blog, banyak ide-ide yang terlintas di kepala kita dan ide tersebut kita tuangkan dalam bentuk tulisan pada sebuah blog.

Namun seiring waktu terus berjalan dan semua ide-ide yang ada dalam pikirian sobat sudah sobat tuangkan atau publikasikan pada blog, pada saat itulah sobat mulai kehabisan ide dan bingung mau posting apalagi di blog, padahal saat itu juga sobat sangat butuh artikel untuk di publikasikan karena ada alasan tertentu seperti sedang review google adsense dan juga sebab lainnya. Saya sebenarnya juga pernah mengalami hal yang sama seperti sobat, kehabisan ide dan kata-kata dalam menulis artikel di blog. Nah apa yang saya lakukan agar bisa mendapatkan ide kembali ? Sesuai pengalaman, saya melakukan hal-hal berikut ini supaya mendapatkan kembali ide dalam menulis artikel.

Sobat bisa mengikuti langkah-langkah yang saya lakukan untuk menemukan ide baru dalam menulis artikel pada blog, karena hal ini saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri dan hasilnya pun sampai sekarang saya masih memiliki banyak ide dalam menulis artikel. Oke bagi sobat yang tentunya lagi butuh ide bisa simak hal apa saja yang harus di lakukan berikut ini.



Hal yang harus dilakukan agar menemukan ide dalam menulis artikel

1. Buatlah pertanyaan atau permasalahan menjadi sebuah tulisan 

Pernahkah sobat mendapatkan masalah atau pertanyaan dari seorang teman ? Saya rasa jawabannya pasti pernah, nah pada saat teman sobat bertanya tentang suatu permasalahan, misalnya dia bertanya "bagaimana cara mengatasi wifi yang tidak bisa terdeteksi pada pc saya?" kurang lebih seperti itu, nah ini pada saat itu juga sobat sebenarnya sudah mendapatkan ide. Dengan membantu teman sobat tersebut, sobat bisa luangkan waktu sobat untuk menulis artikel mengenai pertanyaan tersebut pada blog sobat. Nah seperti itu juga merupakan salah satu cara agar tidak cepat kehabisan ide dalam menulis artikel. Jadi intinya sobat bisa bertanya suatu permasalahan yang dialami oleh teman sobat.

2. Carilah referensi di blog orang lain

Mencari referensi di blog orang lain juga akan mendatangkan sebuah ide baru pada pikiran sobat. Dengan melihat isi atau konten dari blog yang sobat kunjungi, maka sepintas akan terlihat ide untuk menulis artikel yang sobat lihat pada blog tersebut dan sobat bisa menulisnya kembali pada blog sobat, tentunya tidak dengan cara di copas (copy-paste) melainkan menulis ulang dengan kata-kata sobat sendiri dan bisa dikembangkan menjadi sebuah artikel yang mengarah pada sesuatu yang luas dari artikel sebelumnya yang ada di blog orang lain tersebut.

3. Bacalah artikel lama pada blog sobat

Membaca artikel lama pada blog juga akan membawa sobat untuk mendapatkan ide baru, pada saat membaca artikel lama, sobat bisa memperbaruinya kembali dengan kata-kata yang baru pula. Dengan membaca juga akan terlintas di pikiran sobat untuk mengembangkannya menjadi sebuah artikel baru pada blog.

4. Sering mendengar atau menonton berita

Banyak media yang bisa kita manfaatkan dalam mencari referensi, kabar, juga peristiwa yang terjadi di luar sana salah satunya media televisi. Dengan keseringan sobat mendengar dan menonton acara-acara berita ataupun acara sejenisnya, bisa dipastikan sobat akan menemukan sebuah ide yang didapatkan dari mendengar dan menonton berita tersebut, misalnya "google meluncurkan android versi baru" nah itu juga bisa sobat jadikan sebagai artikel pada blog sobat agar bisa memberikan informasi pada semua orang.

5. Berkumpul bersama teman-teman

Sobat bisa mengajak teman-teman sobat berkumpul dan mendiskusikan sesuatu dan saling berbagi pengalaman atau permasalahan yang dialami, sobat bisa menuangkan pengalaman hasil berbagi cerita dengan teman sobat pada blog sobat dan bisa menjadi motivasi bagi orang lain saat membaca artikel tersebut.

6. Terjun di forum online

Banyak forum online yang menyediakan diskusi antara pada publisher, salah satunya yaitu forum online ads.id yaitu forum tempat diskusi para blogger, sobat bisa mencari referensi yang ditulis oleh para blogger disana atau menjadikan sebuah pertanyaan yang sobat dapatkan menjadi sebuah tulisan. Selain itu sobat bisa juga terjun pada grup di facebook yang membahas tentang blog seperti grup BLOGGER INDONESIA.

Mungkin hal ke enam hal tersebut dapat sobat lakukan jika kehabisan ide-ide dalam menulis sebuah artikel pada blog sobat. Cara tersebut sesuai dengan pengalaman saya selama menjadi blogger dan menulis artikel-artikel pada blog dan sampai sekarang saya masih mempunyai stok ide-ide yang bisa di publikasikan pada blog tanpa harus bingung mau menulis apa.

Sobat bisa terapkan cara tersebut untuk menemukan ide dalam menulis artikel. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan banyak ide bagi sobat. Sekian, salam blogger.

27 Komentar untuk "Tips menemukan ide dalam menulis artikel"

Mantap artikel diatas sangat bermanfaat sekali :)

Hehehehe...Gue setuju banget tuh no.5 :D Gue blogger yang isinya catatan harian semua yang otomatis harus diambil dari keseharian gue.Dan keseharian gue biasanya diisi dengan kegilaan temen-temen gue :v karena itu ngumpul ama temen-temen bisa jadi referensi blog yang paling oke buat gue :D

kalau saya terjun ke lapangan langsung gan biar bisa nulis, tidak bisa mengarang indah soalnya... hahaha

memang kumpul bersama teman-teman banyak pengalamannya gan, semangat terus dalam menulis dan membagikan hal-hal bermanfaat kepada semua orang

wah lebih banyak refrensi blog lain ane

Ini nih kendala ane pas jadi blogger, bingung mikir ide buat blog :3

yang no 1 insfirasi ane gan
dan juga ane seneng nulis pengalaman pribadi
yang mungkin bisa jada manfaat aja sob

ane lebih ke kumpul sama temen2 biar dapet ide buat ngeblog

klo ane suka males nulisnya gan.hehe klo lagi mood baru deh nulis

ane lebih ke membaca berita gan biar dapet aspirasi buat artikel

Paling sering no 2 gan, hehe nice makasih udah share gan bermanfaat :D

Ane kadang harus mikir keras gan wkwkw

Makasih sekarang masalah kehabisan ide saya sudah mulai berkurang deh..

nahh kadang ada momen dimana kita bener2 malas buat nulis pasti @_@

Sebenarnya kalau ada niat yg kuat untuk membuat artikel pasti akan ada jalannya, permasalahannya saya pribadi sering malas untuk buat artikel gan

Terimakasih tipsnya gan sangat membantu untuk menulis artikel baru :)

sama-sama gan, thanks atas kunjungannya

Forum apa yang bagus ga untuk membahas tentang blogging???

Thanks Tipsnya gan.Sangat bermanfaat

Ads id, IAPD di google plus dan masih banyak lagi gan

Mantap gan tipsnya terima kasih

Bagus sekali tipsnya, tapi begini ya Gan kadang saya sudah menemuka ide namun malah males nulisnya. itu Gimana?

Nah itu kembali lagi kepada tujuan agan, jika agan benar2 ingin sukses di blog maka pasti agan akan melawan rasa malas tersebut.

jika hal malas menghampiri agan, coba deh ingat lagi tujuan agan ngeblog, baca kata2 motivasi penyemangat,,

sering mah saya habis ide untuk membuat artikel baru, cara diatas akan saya coba ntar

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top