Cara submit artikel dengan fetch as google

Cara submit artikel dengan fetch as google - Sebagai seorang blogger tentunya kita ingin agar artikel pada blog kita bisa terindex oleh mesin pencari dengan cepat. Untuk melakukan hal tersebut maka kita harus mengoptimalkan blog kita dengan optimasi SEO. Salah satu untuk mengoptimalkan artikel agar mudah terindex di google yaitu dengan menggunakan fasilitas dari google webmaster. Ada 2 cara untuk submit artikel di google webmaster yaitu dengan cara submit langsung ke google webmaster tools submit dan juga submit dengan fasilitas fetch as google (yang akan kita bahas kali ini). Tidak banyak para blogger yang menggunakan fasilitas fetch as google, kebanyakan juga para blogger lebih sering menggunakan google webmaster tools submit.

Fungsi dari kedua tool submit tersebut sebenarnya sama saja yaitu sama-sama bertujuan untuk mempercepat artikel pada blog kita di index oleh mesin pencari google. Namun jika dilihat dari segi penggunaan ada sedikit perbedaan yaitu pada google webmaster tools submit kita bisa bebas menggunakannya untuk submit semua url pada blog, baik itu URL blog sendiri maupun blog orang lain, sedangkan fetch as google hanya bisa kita gunakan pada blog yang sudah kita daftarkan ke google webmaster saja. Jadi  sudah jelaskan bedanya ? tetapi tujuannya tetap sama walaupun ada sedikit perbedaan.

Lalu bagaimana cara submit artikel menggunakan fetch as google ? berikut ini sebaiknya sobat simak langkah-langkah submit artikel dengan menggunakan fasilitas fetch as google untuk mempercepat artikel pada blog sobat terindex di mesin pencari google.

1. Sebelum sobat melakukannya daftarkan dulu blog sobat ke google webmaster.

Baca: Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

2. Setelah sobat selesai mendaftarkan blog sobat ke google webmaster, selanjutnya masuk dan pilih menu perayapan > ambil sebagai google. Seperti gambar di bawah ini.

google webmaster
3. Setelah sobat klik menu tersebut, maka selanjutnya sobat akan dibawa ke halaman tempat eksekusi proses submit artikel berlangsung. Berikutnya masukkan url artikel yang ingin ke sobat submit.

google webmaster
Keterangan:

Perlu diperhatikan bahwa dalam mencantumkan link atau URL artikel sobat, jangan copy semua URL nya cukup sub linknya saja yang sobat copy. Seperti contoh berikut ini.

http://sobatblogger01.blogspot.com/2016/02/hal-yang-harus-dilakukan-saat-review.html

Nah sobat hanya copy link yang berwarna merah seperti contoh diatas (sesuaikan dengan link artikel sobat) dan taruh link tersebut pada kotak yang sudah disediakan.

 sebelum sobat melanjutkan ada dua tombol pilihan untuk melanjutkan yaitu "ambil" dan "ambil dan rendere" Tombol ambil digunakan jika sobat ingin webmaster melakukan fetch saja. ambil dan renderer selain untuk fetcth saja juga berfungsi untuk merender halaman untuk url tersebut, serta google akan menampilkan dan membandingkan hasil renderer yang terbaca oleh bot google dan juga hasil yang terbaca oleh pengunjung. Setelah itu sobat klik salah satu tombol tersebut.

4. Setelah sobat klik salah satu, misalkan saya klik "ambil dan rendere" maka akan di bawa ke proses selanjutnya yaitu menyelesaikan submit. Sobat klik kirim ke index dan akan terbuka halaman verifikasi seperti gambar dibawah ini.

google webmaster

Centang saya bukan robot, disana ada dua pilihan yaitu rayapi URL ini saja dan Rayapi URL dan tautannya langsung. Jika sobat memilih opsi rayapi URL saja maka hanya url yang sobat submit saja yang akan dirayapi oleh mesin pencari dan jatah submitnya untuk sebulan adalah 100. Jika sobat memilih opsi rayapi url dan tautannya langsung maka internal link yang ada di artikel sobat akan ikut dirayapi oleh mesin pencari dan jatah untuk submitnya 10 kali untuk sebulan.

5. Setelah itu klik kirim

Baca juga: Cara submit artikel blog ke google

Nah submit sudah selesai, sobat tinggal menunggu prosesnya saja, setelah sobat selesai menulis artikel sebaiknya tetap submit juga menggunakan fetch as google agar artikel sobat bisa cepat terindex oleh mesin pencari. Oke sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat sobat.
8 Komentar untuk "Cara submit artikel dengan fetch as google"

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top