Panduan blogging untuk pemula

Panduan blogging untuk pemula - Blog merupakan salah satu tempat mengeluarkan segala ekspresi yang ada di dalam pikiran kita dan dituangkan dalam bentuk tulisan yang dibagikan kepada publik supaya bisa membacanya. Sobat sekalian saat pertama kali melihat dan mengenal yang namanya blog mungkin sobat tertarik juga ingin mencoba membuat blog sendiri dan mulai menulis segala yang sobat ketahui dan membagikannya kepada publik lewat media internet.

Blogger pemula

Apa langkah pertama yang harus saya lakukan untuk mulai ngeblog ?

Langkah awal sobat untuk negblog adalah tentunya membuat blog terlebih dahulu. Sobat bisa memilih berbagai platform yang tersedia untuk membuat blog. Diantaranya adalah blogspot, wordpress, blogdetik dan platform lainnya yang tersedia. Jika sobat sudah memilih salah satu dari platform tersebut selanjutnya sobat mulai membuat blog.

Baca: Cara membuat blog dengan mudah

Setelah selesai membuat blog apa yang harus saya lakukan ?

Setelah selesai membuat blog, khusus untuk sobat yang masih pemula atau baru mengenal yang namanya blogging baik itu dari teman, internet, dan lain sebagainya, sebaiknya sobat mengikuti langkah langkah berikut ini sebagai blogger pemula.

1. Tentukan tujuan ngeblog

Tujuan dalam ngeblog atau blogging merupakan hal yang sangat penting bagi sobat. Karena dengan tujuan sobat akan mengetahui apa yang harus dilakukan kedepannya untuk membangun blog. Sehingga nantinya sobat akan fokus kepada satu tujuan tertentu yang sudah sobat tentukan sendiri sehingga kedepannya lagi dapat menjadi seorang blogger sejati dan professional.

2. Tentukan topik yang akan dibahas

Sebelum mulai menulis artikel, alangkah baiknya sobat menentukan topik yang akan dibahas terlebih dahulu. Saya sarankan sobat menentukan topik yang benar-benar merupakan hobi dan apa yang  sobat kuasai sendiri, misalnya membahas topik tentang komputer, ilmu pengetahuan kesehatan, teknologi dan sebagainya. Dengan menentukan topik sesuai hobi dan pengetahuan sobat, maka nantinya akan mempermudah sobat dalam menulis artikel sehingga tidak akan bingung mau menulis apa.

3. Mulai menulis artikel

Setelah sobat menentukan tujuan dan topik yang akan dibahas pada blog. Selanjutnya sobat mulailah untuk menulis artikel-artikel yang sobat inginkan. Dan hal yang paling penting adalah jangan sekali-kali sobat untuk mempublikasikan artikel hasil copas atau copas artikel orang lain, karena hal tersebut akan membuat sobat malas untuk menulis sehingga kegiatan blogging sobat pun akan berantakan jika sudah malas.

4. Promosikan blog

Setelah sobat selesai menulis artikel, langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah mulai mempromosikan blog sobat. Promosi blog bertujuan untuk mendatangkan pembaca pada blog sobat, selain itu juga promosi dapat mengenalkan blog baru kepada publik sehingga orang-orang tahu bahwa sobat baru saja membuat blog dan orang-orang dapat mencari apa yang mereka butuhkan ke blog sobat.

5. Banyak belajar dan banyak mencari referensi

Hal ini juga tidak kalah pentingnya bagi sobat yang baru memulai kegiatan blogging. Masih banyak lagi  hal yang harus dibenahi dalam blog baru sobat, mulai dari mengedit tampilan, cara menulis artikel yang baik dan juga masih banyak lagi yang harus sobat benahi agar menjadi sempurna. Dengan belajar dan mencari banyak referensi merupakan salah satu yang harus sobat lakukan. Banyak yang menyediakan tempat belajar dan juga mencari referensi seperti di internet, baca buku dan lain sebagainya.

Mungkin hal tersebut bisa diterapkan bagi sobat yang masih baru mengenal dan baru memulai kegiatan bloggging. Semoga apa yang sobat baca pada artikel kali ini bermanfaat untuk sobat. sampai ketemu lagi pada artikel selanjutnya.
2 Komentar untuk "Panduan blogging untuk pemula"

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top