Langkah optimasi SEO on page pada blog baru

Langkah optimasi SEO on page pada blog baru - Berbicara mengenai SEO, pasti yang terlintas di pikiran sobat yaitu bagaimana sih caranya supaya blog saya dapat kunjungan yang banyak dan mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari. Memang jika kita menginginkan blog populer dan banyak pengunjungnya maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan segala upaya untuk mencapai hal tersebut, salah satunya dan yang paling utama adalah optimasi dengan teknik SEO. SEO dibagi menjadi dua yaitu SEO off page dan SEO on page, namun pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang optimasi SEO on page untuk blog baru. SEO on page itu sendiri adalah upaya yang dilakukan oleh seorang blogger untuk mengoptimasi blognya agar mendapatkan traffic dan posisi terbaik dalam mesin pencari dan optimasi dilakukan melalui dalam blog itu sendiri (internal blog)

Baca juga: Cara optimasi SEO off page pada blog

SEO on page

Berbicara mengenai blog baru tentunya tidak terlepas dari yang namanya upaya untuk memperkenalkan dan mempopulerkan blog baru tersebut kepada orang-orang agar lebih dikenal lagi. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Akan tetapi kebanyakan sobat blogger mempromosikan blog mereka melalui media sosial dengan optimasi SEO off page. Namun untuk lebih memaksimalkan kepopuleran untuk blog baru di mata mesin pencari sobat blogger juga menggunakan optimasi SEO on page. Nah bagaimana cara atau langkah untuk optimasi SEO on page pada blog baru ? Simak langkah-langkah berikut ini.

Optimasi SEO on page


1. Membuat konten yang berkualitas

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan SEO on page adalah dengan konten yang berkualitas. Bagaimana sih ciri konten yang berkualitas itu ? Sebenarnya konten yang berkualitas itu adalah konten yang berisi artikel artikel bermanfaat dengan kata tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek dan mudah untuk dipahami. Intinya buatlah artikel untuk pembaca bukan untuk mesin pencari, maksudnya artikel yang sobat buat usahakan dikuasi terlebih dahulu dan artikel tersebut di rasa bermanfaat buat orang lain.

2. Optimasi tittle tag

Tittle atau judul merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah artikel, karena nantinya itu yang akan dicari terlebih dahulu oleh pengunjung sebelum membaca artikel sobat secara keseluruhan. Saat membuat judul artikel sebaiknya sobat menyisipkan kata kunci yang di bidik pada artikel sobat. Misalnya jika sobat akan membahas tentang cara membuat blog. Nah kata kuncinya adalah cara membuat blog, pada judulnya sobat bisa buat: cara membuat blog di blogspot terbaru. Jadi seperti contoh tadi ada penyisipan kata kunci di judul artikel. Selain itu perhatikan juga tittle tag pada bagian <head> biasanya berada pada sub <title> judul blog </title> sobat ganti judul blog dengan nama blog sobat.

3. Tambahkan gambar pada postingan

Gambar juga merupakan komponen dalam optimasi SEO on page. Dengan adanya gambar pada artikel sobat, maka akan lebih memperjelas pembahasan pada blog sobat. Yang perlu diperhatikan disini adalah pada saat memasang gambar pada artikel sobat jangan lupa untuk menambahkan atribut title tag dan alt tag pada gambar tersebut supaya lebih SEO friendly.

4. Buatlah meta deskripsi pada artikel

Meta deskripsi merupakan deskripsi atau gambaran tentang artikel yang dibahas pada blog sobat, juga untuk memberitahukan pengunjung bahwa apa saja pembahasan pada artikel sobat. Sobat bisa membuatnya dengan klik deskripsi penelusuran pada bagian kanan halaman posting, sobat isi minimal 150 karakter. Dan pada saat membuat meta deskripsi sisipkan juga kata kunci pada artikel sobat.

5. Pasang link internal pada artikel

Apa yang dimaksud dengan link internal ? link internal merupakan link yang mengarah pada artikel sobat yang lainnya. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat dan membaca artikel sobat yang lainnya, dengan begitu pengunjung akan berlama-lama pada blog sobat dan itu bagus untuk meningkatkan posisi blog pada mesin pencari.

Baca juga: Cara submit artikel blog ke google

Itulah tadi beberapa langkah yang perlus sobat lakukan untuk optimasi SEO on page pada blog baru. Jika sudah melakukan hal tersebut sobat juga bisa melakukan optimasi tambahan SEO on page dan SEO off page agar lebih memaksimalkan optimasi pada blog sobat sehingga nantinya mendapat traffic yang tinggi dan mempunyai rank yang bagus di mesin pencari. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat buat sobat.
Tag : SEO
6 Komentar untuk "Langkah optimasi SEO on page pada blog baru"

sangat membantu gan. makin semangat ngeblog dah

Aq jg baru ganti nama gan. Sangat membantu postingnya.

jangan lupa gan gunakan header dkk sesuai kebutuhan, dan buat konten yang kreatif jangan copas. terimakasih mas untuk tips nya

Udah tau gan, btw terimakasih telah menulisnya buat jaga jaga sewaktu lupa

ane belum tau caranya seo gan makasih udah share. nice info

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top