Cara mudah backup artikel pada blogspot

Cara mudah backup artikel pada blogspot - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa blogspot memiliki banyak sekali fitur yang dapat kita manfaatkan sesuai dengan fungsinya. Pada artikel kali ini saya akan mengajak sobat untuk membahas tentang cara backup seluruh postingan atau artikel yang ada pada blog.

Cara mudah backup artikel pada blogspot

Artikel yang kita tulis pada blogspot sebenanya merupakan milik google, mengapa demikian ? kita sudah tahu sendiri bahwa blogspot itu miliknya google, jadi otomatis artikel yang kita tulis pada blogspot merupakan milik google juga. Jika kita melakukan kesalahan atau melanggar TOS (Terms Of Service) atau peraturan dari google, maka bisa saja google akan melakukan banned pada blog kita. Secara otomatis artikel yang sudah kita terbitkan akan terhapus dan semuanya akan lenyap, jadi waktu yang kita gunakan untuk menulis artikel menjadi sia-sia.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan blogspot

Untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan (seperti banned), kita dapat melakukan backup kepada artikel yang sudah kita publikasikan sebelumnya. Tujuannya jika suatu saat blog kita di banned, maka artikel yang sudah hilang bisa dikembalikan lagi karena sudah di backup sebelumnya.

Cara backup seluruh artikel pada blogspot

1. Masuk ke blogger, lalu login dengan akun sobat.
2. Setalah  itu, sobat pilih blog yang mau di backup artikelnya. Kemudian silahkan menuju ke menu pengaturan/setelan dan pilih menu lainnya.

Cara mudah backup artikel pada blogspot

3. Selanjutnya sobat akan melihat tiga pilihan yaitu, Impor blog-Ekspor blog-Hapus blog. Dari ketiga pilihan tersebut, sobat pilih Ekspor blog.

Cara mudah backup artikel pada blogspot

4. Kemudian akan muncul pemberitahuan untuk mengunduh artikel blog sobat, lalu pilih saja Unduh blog.

Cara mudah backup artikel pada blogspot

Setelah sobat selesai mengunduh artikel blog sobat yang berbentuk sebuah file. Sobat simpan baik-baik file yang sudah sobat unduh tersebut, jika nantinya sobat membutuhkannya untuk mengisi artikel pada blog baru atau blog lainnya, maka sobat bisa menggunakan file tersebut (artikel yang sudah sobat tulis pada blog sebelumnya). Cara memasukkan kembali artikel yang telah sobat unduh tersebut sangat mudah. Sobat ikuti saja langkah diatas namun bedanya pada menu setelan>lainnya pilih saja impor blog.

Semoga cara diatas dapat membantu sobat dan bisa bermanfaat buat sobat yang sudah membaca artikel ini. Tetap semangat dan sukses selalu. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.
9 Komentar untuk "Cara mudah backup artikel pada blogspot"

makasih gan infonya .. sangat berguna bagi blogger pemula seperti saya :)

Trims banget nih mas Sufyan atas tipsnya ya..hee

Sukses selalu dan tetap semangat gan

mantap nih ilmunya ditunggu artikel selanjutnya gan

thanks gan.. jadi tambah ilmu deh.. kalau ada keadaan darurat kan bisa.. thanks gan

thx bgt gan nambah ilmu nih. nice post (y)

makasih gan, nambah ilmu buat blogger pemula seperti saya hehe

Buat jaga jaga
bagus juga buat newbie kek ane hehe

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top