Langkah optimasi untuk blog baru

Langkah optimasi untuk blog baru - Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat untuk membahas bagaimana sih caranya optimasi untuk blog yang baru dibuat. Pada saat orang baru memulai untuk membuat blog kebanyakan masih bingung untuk optimasinya. Memang optimasi untuk blog baru berbeda dengan optimasi untuk blog yang sudah lama umurnya.Untuk blog baru membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan mesin pencari sehingga untuk mengindex artikel pada blog baru lumayan lama.

Optimasi blog baru

Blog baru pada umumnya tidak terlalu membutuhkan optimasi yang sangat berlebihan, alasannya karena blog yang baru dibuat harus beradaptasi dulu dengan mesin pencari, istilahnya harus beradaptasi dulu dengan lingkungan sekitarnya karena termasuk baru. Untuk optimasinya juga tidak terlalu selengkap blog yang sudah lama. Ada beberapa langkah yang perlu sobat terapkan untuk optimasi pada blog baru. Berikut ini akan saya bahas.

1. Daftarkan blog ke google webmaster

Untuk blog yang baru dibuat, sebaiknya sobat daftarkan terlebih dahulu ke google webmaster dengan tujuan agar blog sobat mengenal dan dapat beradaptasi secara mudah dengan mesin pencari terutama google. Dengan mendaftarkan blog sobat ke google webmaster maka mesin pencari google juga akan mengenal blog baru sobat dan akan sangat mudah dan cepat bisa index oleh google.

Baca : Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

2. Submit artikel sobat ke google dengan webmaster tool

Tujuannya sama seperti yang pertama saya sebutkan di atas tadi yaitu supaya cepat bisa di index oleh mesin pencari google.  Cara ini juga merupakan senjata andalan bagi para blogger lainnya untuk optimasi blog mereka agar cepat di index oleh google. Cara ini juga sudah saya lakukan sendiri setelah selesai menulis artikel dan hasilnya pun cukup memuaskan dengan artikel saya bisa berada di halaman 1 google.

Baca : Cara submit artikel blog ke google

3. Promosikan blog

Langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah mempromosikan blog baru sobat agar mudah dikenal oleh orang lain. Dengan dikenalnya blog sobat oleh orang lain maka tak menutup kemungkinan banyak visitor yang akan berdatangan ke blog sobat. Tapi perlu di ingat bahwa promosi blog jangan dilakukan dengan spam karena itu tidak aman dan bisa-bisa blog sobat di banned oleh google. Jadi promosilah dengan cara baik-baik misalnya seperti blogwalking. Banyak media tempat sobat mempromosikan blog seperti facebook, twitter, google plus dan lain-lain.

4. Mulai mencari dan menanam backlink

Backlink juga hal yang sangat penting untuk optimasi blog baru. Banyak tempat yang bisa sobat kunjungi untuk membangun backlink misalnya seperti sosbok (social bookmark), berkomentar  di blog orang lain dengan meninggalkan link yang menuju ke halaman blog sobat. Tapi ingan jangan membangun backlink sembarangan, pilihlah blog yang PR (page rank) bagus di mesin pencari.

Itulah tadi cara atau langkah optimasi untuk blog baru. Jadi jika sobat mempunyai blog baru, bisa sobat terapkan cara diatas untuk langkah awal  optimasinya. Sekian artiekl kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sobat, sukses selalu.
Tag : SEO
15 Komentar untuk "Langkah optimasi untuk blog baru"

ane ud itu semua gan, kenapa visitor dikit mulu

Mungkin agan harus lebih giat lagi untuk optimasinya, langkah diatas merupakan tahap pengenalan blog baru kepada mesin pencari perlu adanya usaha lebih, jadi masih banyak lagi yang harus agan optimasi untuk menambah visitor pada blog agan. semangat gan

ane dah ngeblog 2bln tp visitor masih dikit aja, knp y gan ?





http://www.intips-kesehatan.ml/

buat seorang blogger pemula kayak saya, apa yang mas Ahmad sampaikan di sini bener bener berarti banget mas.. yang penting juga berusaha dan belajar melakukan yang terbaik selanjutnya nikmati aja prosesnya.. bukan begitu mas.. :)

upaya agan sepertinya masih kurang, jadi saya sarankan lebih semangat lagi, karena ,memang tidak mudah untuk mendatangkan banyak visitor, perlu kerja keras. Tetap semangat gan. Ingan SEO,promsoi juga merupakan hal yang sangat penting

artikel yg menarik. mampir juga ke blog ane ya gan

infonya sangat bermanfaat, oh ya, apakah submit artikel ke webmaster tool itu sama dengan submit sitemap?? kalau tidak sama, lalu bagaimana cara submit artikel ke webmaster?

submit artikel ke webmaster beda dengan submit sitemap gan, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya tentang cara submit artikel ke google dan sitemap pada menu tutorial blogger di blog ini

kalo membuat backlink itu per artikel atau blog ya? misal jhonnytips.blogspot.com atau jhonnytips.blogspot.com/bla/cara-bla-bla-bla
kalo per artikel apakah harus semua artikel kita kita buat backlink?

bisa home page saja dan bisa juga per artikel, alangkah lebih baik jika sobat seimbangkan antara keduanya

sama-sama gan, thanks udah berkunjung

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top