Cara mengatasi kesalahan perayapan di google webmaster

Cara mengatasi kesalahan perayapan di google webmaster - Mendaftarkan blog ke google webmaster merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang blogger. Mengingat hal tersebut merupakan bagian dari SEO. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan dan kita lihat jika mendaftarkan blog ke google webmaster. Diantaranya adalah semakin cepatnya google mengindeks artikel kita, blog semakin teroptimasi dan juga kita dapat memantau laporan google tentang blog kita.

Salah satu hal yang dilaporkan google adalah kesalahan perayapan. Dengan memanfaatkan google webmaster sobat bisa mengetahui kesalahan-kesalahan perayapan dan halaman yang error pada blog sobat. Dengan begitu sobat bisa memperbaiki kesalahan perayapan tersebut. Memperbaiki semua kesalahan perayapan yang error merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan situs, semakin baik situs blog sobat, maka akan semakin disukai oleh mesin pencari google. Jika blog sobat terjaga kesehatannya dari kesalahan perayapan, maka google akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengindeks artikel sobat. Berikut ini saya paparkan cara mengatasi kesalahan perayapan blog di google webmaster.

Memperbaiki kesalahan perayapan google webmaster


1. Sobat login terlebih dahulu ke google webmaster (google.com/webmaster).

2. Pilih blog yang akan di perbaiki kesalahan perayapannya.

3. Klik perayapan yang ada di menu sebelah kiri, setelah itu klik kesalahan perayapan. Disana sobat akan menemukan beberapa kesalahan perayapan atau halaman yang tidak ditemukan dengan kode 404. Halaman tersebutlah yang akan sobat perbaiki supaya kesehatan situs tetap terjaga.


mengatasi kesalahan perayapan


 4. Selanjutnya, klik salah satu halaman yang tidak ditemukan tersebut, kemudian copy link nya.

mengatasi kesalahan perayapan

5. Setelah sobat copy link halaman yang tidak ditemukan, selanjutnya sobat klik menu google indeks > hapus URL. Klik sembunyikan sementara, kemudian masukkan link halaman yang tidak ditemukan tersebut ke kolom yang telah disediakan. Klik terus.


mengatasi kesalahan perayapan

6.Klik kirim permintaan.


mengatasi kesalahan perayapan

7. Ulangi langkah tersebut untuk memperbaiki kesalahan perayapan yang lainnya.

8. Setelah semua kesalahan perayapan atau halaman yang tidak ditemukan sudah diperbaiki seperti cara diatas. Kembali lagi ke menu kesalahan perayapan dan tandai semua kesalahan tersebut sebagai telah diperbaiki.

mengatasi kesalahan perayapan

9. Selesai


NB: kesalahan perayapan ada dua kode yaitu 503 dan 404. Untuk kesalahan 503 sobat bisa perbaiki hanya dengan langkah yang ke 8 saja, yaitu cukup dengan tandai sebagai telah diperbaiki. Untuk kesalahan 404 sobat perlu memperbaikinya lengkap dengan cara diatas.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster

Itulah cara mengatasi kesalahan perayapan di google webmaster. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat.
0 Komentar untuk "Cara mengatasi kesalahan perayapan di google webmaster"

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top