Kenapa blog sepi pengunjung ? ini penyebabnya

Penyebab blog sepi pengunjung - Blog yang pengunjungnya sepi tentu akan menimbulkan pertanyaan bagi si pemilik blog. Kenapa pengunjung di blog saya sepi atau bahkan tidak ada sama sekali ? apakah penyebabnya. Nah kurang lebih seperti itulah pertanyaan bagi para blogger yang mempunyai blog tetapi pengunjung pada blognya sepi. Jika pengunjung blog sepi maka hal atau tujuan yang diharapkan oleh para blogger kemungkinan akan sulit tercapai misalnya seperti menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan, jika pengunjung sepi maka tidak ada yang klik iklan, otomatis tujuan si pemilik blog pun akan sangat sulit tercapai.

Pengunjung blog sepi

Lalu apakah penyebab blog sepi pengunjung ? Sebenarnya banyak hal yang menyebabkannya sepi. Berikut ini saya akan paparkan beberapa penyebab dari sepinya pengunjung di blog.

1. Blog masih baru

Tentu hal yang baru harus beradaptasi dulu dengan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan blog baru, jika sobat memiliki blog baru dan pengunjung masih sedikit atau bahkan sepi itu merupakan hal yang wajar karena blog harus beradaptasi dulu dengan mesin pencari. Jadi sobat tidak usah khawatir akan hal tersebut dan perlahan seiring berjalannya waktu maka akan semakin bertambah, tetapi sesuai dengan usaha yang telah sobat lakukan untuk mendatangkan pengunjung ke blog sobat.

Baca juga: Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

2. Artikel blog masih sedikit

Jika artikel pada blog sobat sedikit maka sedikit pula kesempatan orang-orang atau pengunjung membaca artikel yang ada di blog sobat. Misalkan artikel sobat baru mencapai 10 artikel, maka kesempatan pengunjung untuk membaca hanya sedikit yaitu 10 artikel saja, itupun kalau berada di halaman pertama mesin pencari, karena rata-rata pengunjung hanya membaca artikel yang ada di halaman pertama mesin pencari. Jadi perbanyaklah artikel sobat supaya banyak artikel yang akan dibaca oleh pengunjung sehingga blog sobat bisa ramai didatangi pengunjung.

3. Peringkat blog masih rendah

Ini menjadi salah satu masalah bagi para blogger. Bagaimana tidak, jika peringkat blog masih rendah maka otomatis artikel yang sudah diposting akan sulit keluar di pencarian mesin pencari. Sedangkan mesin pencari pada halaman pertama saja menyediakan sebanyak 10 artikel saja. Jika peringkat blog sobat masih rendah maka akan sepi pengunjung, jadi salah satu caranya untuk meningkatkan peringkat blog adalah dengan belajar ilmu SEO yaitu tentang cara optimasi pada blog dan agar mampu bersaing di mesin pencari.

Baca juga: Cara optimasi blog baru

4. Artikel pada blog kurang menarik

Hal ini juga menjadi salah satu faktor sepinya pengunjung pada blog sobat. Jika artikel yang sobat buat kurang menarik  maka tentunya minat para pengunjung akan sedikit. Jadi pengunjung mencari artikel yang menarik untuk dibaca. Untuk itu kalau sobat membuat artikel usahakan menarik dan membuat pengunjung penasaran dengan artikel yang sobat buat sehingga mereka akan mengunjungi blog sobat.

Baca juga: Tips menulis artikel SEO friendly

5. Artikel blog tidak atau belum terindex

Seperti yang kita ketahui artikel merupakan komponen paling utama pada blog yang akan mendatangkan pengunjung. Namun jika blog sobat sepi atau tidak ada pengunjung yang datang, maka dapat dipastikan salah satu penyebabnya adalah belum di indexnya artikel yang sobat buat oleh mesin pencari. Jadi setelah selesai menulis artikel pastikan bahwa artikel sobat sudah bisa di index oleh mesin pencari. Langkahnya dengan melakukan optimasi pada artikel tersebut.

Baca juga: Penyebab artikel sulit terindex di mesin pencari

6. Loading pada blog berat

Salah satu faktor yang mempengaruhi optimasi SEO pada blog adalah loadingnya. Jika loading pada blog sobat berat maka pengunjung tidak akan betah dan sebelum halaman blog sobat terbuka sempurna, pengunjung sudah duluan kabur karena tidak tahan dengan loading blog sobat yang berat dan lama. Jadi utamakanlah kenyamanan pengunjung yang datang ke blog sobat.

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa blog sepi pengunjung. Mungkin jika ada salah satu dari penyebab diatas terdapat pada blog sobat, segeralah benahi supaya pengunjung pada blog sobat tetap stabil dan tidak mengalami penurunan. Sekian artikel yang dapat saya bagikan kali ini, semoga artikel yang sobat baca kali ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat untuk sobat.
48 Komentar untuk "Kenapa blog sepi pengunjung ? ini penyebabnya"

Dibakar dulu kali gan biar rame , btw informasinya berguna bgt

hahahah klayak kuburan sepi
kunbal gan ke www.tangkrisbar.tk

lagi coba menaikkan pengunjung nih, keren gan

mantap infonya menurut ngeblog itu harus sabar yang penting belajar dan sering mengunjungi blog lain

Hampir semua nya seperti blog saya :(
tapi gpp, harus berusaha dan terus berusaha untuk sukses ^^

blog gw yang dulu dihapus ama gw. terus bikin lagi, url nya sama kayak yang dihapus. visitornya aman
karena artikel berpengaruh. kebanyakan yang nyasar ke blog adalah yang nyari tutor

Mantap bro. Tp ane setuju banget di poin pertama. Memang blog masih baru mah emang sepi. Blog ane awalnya sepi, begitu 6 bulan, lumayan lah 200-300 pengunjung per hari.

Mampir ya gan...

revo-brain(dot)com

Mungkin blog ane artikelnya deh sedikit :'
pantas saja sepi pengunjung, btw thanks yoo gan infonya hehe

benar sekali gan haru memiliki kesabaran dan terus banyak belajar

semangat gan, semoga sukses selalu

sama-sama gan, artikelnya diperbanyak lagi supaya menambah visitor yang membaca artikel pada blog agan

Wah bener juga makanya blog ane pengunjungnya dikit mungkin nih penyebabnya.blogwalking brow ya www.bebasupdate1.blogspot.co.id

Bermanfaat gan jadinya harus rajin2 nge post.thanks.

hehehe memang tepat sekali... biasanya banyak blogger pemula kayak saya yang pengen banget visitornya cepet naik :D

Mantap gan... ane baru pemula soalnya... tapi alhamdulilah... grafinya selama 3 bulan ini udah 1056. Itu pun karena postingan ane yg koplak dan sering ane shre di facebook :D

Mantap gan... alhamdulialh grafik ane meningkat.. itupun karena ane shre di fb heheh

udah 1 bulan artikel cuma dua. Labil milih template soalnya hehe

Bang ahmad tanya dong: artikel yang menarik itu contohnya seperti apa? Dari sisi temanya atau cara pembahasannya (gaya tulisan) si blogger?

yang pertama temanya gan harus menarik minat pembaca/hal yang paling banyak dicari pembaca, selain itu juga gaya penulisannya juga yang menentukan menarik atau tidaknya suatu artikel. Buatlah artikel sederhana tetapi dengan gaya tulisan yang menarik (tidak membuat orang bosan saat membaca) dan membuat orang penasaran sehingga orang tertarik untuk membacanya.

Itu cara terindexnya gmna??

tidak dibahas di artikel ini gan, tetapi di artikel lainnya di blog ini. Silahkan agan cari di tutorial blogger

kalau saya setuju dengan diatas tapi saya juga punya jurus sendiri mengatasi trafik blog biar gak turunyaitu dengan menjadikan tiap onten sifatnya evergreen content dan juga promosi blog baik di dunia maya dan dunia nyata.

waduh pantesan ane sepi pengunjung. blog ane masih baru+artikelnya dikit rupanya

Cuma mau nambahin min

Syarat utama buat trafiknya naik ya, cuma 2:
1 Konten yang berkualitas.
Penulis tau apa yang ditulisnya, dan dapat mempertanggung jawabkannya, gak asal tulis, ketika ditanya melompong ^^

2 Promosi yang berkesinambungan.
Banyak mengira membuat postingan yang banyak akan berpengaruh banyak dengan trafik blognya, ada benarnya, tapi, pecuma jika kita buat postingan banyak2 yang baca cuma akan baca 1 kali itu aja, jadi harus buat artikel berkualitas, dan terus menerus melakukan promosi ke Artikel tersebut (Ke artikel ya bukan ke Blognya).

Artikel diatas merupakan cara yang banyak digunakan oleh Webmaster zaman sekarang.

Wah, akhirnya ketemu juga alesannya kenapa blog saya sepi banget pengunjungnya, -_-

thanks gan infonya.

hehehe memang tepat sekali... biasanya banyak blogger pemula kayak saya yang pengen banget visitornya cepet naik :D

bbm mod

kembali lagi gan, ambil manfaat

makasih gan infonya, sangat membantu bagi pemula seperti saya

yang penting membuat konten berkualitas, promosi dan analisis traffiknya

blog saya masih baru ,sudah di tolak adsense untuk upgarde domain ...belumm mematuhi kebijakan google...kira kira apa saya perlu menghapus konten blog yang sudah saya buat

kalau dirasa kontennya belum sepenuhnya maksimal hapus saja, akan tetapi sebaiknya konten tersebut di perbarui aja gan dan agan usahakan untuk mengoptimalkan konten tersebut dengan teknik SEO

benar sekali gan, tetap semangat gan

Mungkin harus lebih ngerti SEO lebih dalam kali ya mas,, Agar blog saya dapat naik peringkatnya

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top