Bagaimana memulai SEO dari awal ?

Bagaimana memulai SEO dari awal ? - Halo sobat blogger, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang SEO dari awal khusus untuk sobat yang masih pemula. Sebenarnya saya juga masih kurang dalam hal seo akan tetapi saya berusaha untuk belajar ya dengan cara seperti ini, menulis hal-hal yang saya ketahui dan saya pelajari sehingga saya bisa berbagi dengan sobat lewat blog ini.

memulai SEO dari awal


Berbicara mengenai SEO berarti kita telah jauh menuju ke dalam dunia blogging yang sesungguhnya. Sebelum lebih jauh ke bagaimana cara optimasi blog sobat dari awal, alangkah baiknya dulu sobat mengetahui apa pengertian dan fungsi dari seo. SEO atau yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization dan jika di artikan dalam bahasa indonesia yaitu optimasi mesin pencari merupakan suatu langkah atau usaha yang dilakukan oleh seorang blogger untuk mengoptimasi serta mengoptimalkan blognya supaya mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari. Apakah sudah jelas ? jika sobat belum terlalu paham dengan pengertian tersebut, untuk lengkapnya saya sudah memposting tentang pengertian dan manfaat dari SEO berikut ini yang bisa sobat baca.

Baca: Pengertian dan manfaat SEO

Setelah sobat memahami tentang seluk beluk SEO dan bagaimana cara kerjanya, kini saatnya sobat perlu menerapkannya pada blog sobat. Teknik SEO yang akan kita terapkan sekarang merupakan teknik sederhana yang juga merupakan salah satu komponen yang penting dalam SEO. Seperti judul awal artikel ini, kita mulai menerapkan SEO dari awal sehingga jika komponen dasarnya sudah terpenuhi maka, komponen seo yang lainnya seperti SEO on page dan SEO off page akan mudah untuk sobat terapkan.

Lalu apa langkah awal kita dalam menerapkan SEO pada blog. Sebelumnya hal ini dapat sobat lakukan pada blog lama sobat ataupun blog yang masih baru dan tentunya juga jika blog sobat masih baru akan semakin baik juga karena ini merupakan teknik dasar yang perlu dilakukan untuk mengembangkan sebuah blog. Oke berikut ini beberapa cara atau hal yang perlu sobat lakukan untuk memulai SEO dari awal.

Memulai SEO dari awal


1. Mendaftarkan blog ke mesin pencari (Search Engine)


Mesin pencari merupakan tempat alat yang digunakan seorang penjelajah internet untuk menemukan artikel yang ingin mereka cari. Untuk itu sobat perlu mendaftarkan blog sobat ke mesin pencari agar mudah di temukan oleh orang yang ingin mencari informasi di dunia internet. Ada banyak berbagi mesin pencari di dunia ini seperti google, bing dan lain sebagainya. Untuk itu sobat perlu mendaftar ke mesin pencari tersebut.

  • Mendaftarkan blog ke google webmaster

Kita mengetahui bahwa saat ini google merupakan mesin pencari terbesar di dunia. Banyak orang menggunakan google sebagai tempat untuk mencari informasi. Dengan demikian ini menjadi sesuatu yang perlu sobat manfaatkan dengan mendaftarkan blog sobat ke google agar mudah di index oleh mesin pencari google. Dan perlu sobat ketahui juga mendaftarkan blog ke google webmaster sudah menjadi hal wajib bagi para blogger yang ingin mengoptimasi blog mereka.

Silahkan baca: Cara mendaftarkan blog ke google webmaster

  • Submit artikel sobat ke google webmaster

Setelah sobat selesai mendaftarkan blog sobat ke google webmaster, maka sobat dapat melakukan berbagi pengembangan di google webmaster seperti submit artikel blog ke google webmaster submit url dan juga submit artikel dengan cara fetch as google. Hal ini berfungsi untuk mempermudah mesin pencari google lebih cepat untuk mengindex artikel sobat serta mendapatkan posisi yang baik di google.

Silahkan baca: Cara submit artikel di google webmaster dan Cara submit dengan fecth as google

  • Mendaftarkan blog ke bing webmaster

Selain Google mesin pencari yang populer adalah bing webmaster. Dengan mendaftarkan blog sobat ke  bing webmaster maka blog sobat langsung terdaftar juga ke mesin pencari MSN dan yahoo. Karena bing sudah bekerja sama dengan kedua mesin pencari tersebut. Jadi sangat lah perlu bagi sobat untuk mendaftarkan blog ke bing webmaster guna meningkatkan optimasi pada blog sobat.

Silahkan baca: Cara mendaftarkan blog ke bing webmaster 

2. Mulai mempromosikan blog ke berbagai media

 

Promosi merupakan salah satu teknik dari SEO off page. Tujuan dari promosi ini sendiri agar blog sobat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Banyak tempat yang bisa sobat gunakan untuk promosi mulai dari facebook, twitter, google plus, forum online, serta sobat dapat promosi langsung secara lisan ke orang-orang terdekat sobat maupun orang lain. Jika sobat sudah melakukan promosi maka blog sobat akan semakin dikenal, terlebih jika blog sobat memiliki artikel yang unik, menarik serta mempunyai manfaat jika dibaca.

3. Mulai mencari backlink


Bericara mengenai backlink, berarti kita sudah berbicara mengenai penerapan dari SEO off page. Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan link. Back artinya kembali sedangkan link artinya tautan. Jadi backlink merupakan tautan yang kembali mengarah ke situs atau blog sobat melalui blog orang lain. Dalam membangun backlink sobat perlu memperhatikan situs tempat sobat akan membangun backlink, bangunlah backlink di blog dofollow yaitu blog yang menyediakan komentar dengan memasukkan URL blog.

Dalam membangun backlink dengan teknik komentar, usahakan sobat berkomentar secara relevan sesuai artikel yang dibahas sehingga admin situs mudah menerima komentar sobat dan sobat bisa mendapatkan backlink dari situs tersebut.

Itulah beberapa teknik memulai SEO dari awal yang perlu sobat terapkan, karena itu merupakan dasar dari SEO dan bisa sobat kembangkan untuk tahap selanjutnya. Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kali ini, semoga apa yang sobat baca bermanfaat.
Tag : SEO
17 Komentar untuk "Bagaimana memulai SEO dari awal ?"

sama-sama gan, semoga bermanfaat

wuihh makasih banyak ya gan,cocok banget nih buat ane yang lagi belajar seo hehe

kayaknya dalam tulisan ini saya mendapatkan 1 ilmu penting, yaiti membangun backlink dengan blog dofollow, berarti kalau blogger bukan untuk mendapatkan dofollow ya mas? soalnya pada kolom komentar tidak ditemukan item memasukkan url atau link, beda halnya dengan wp. betul?

Blogger juga bisa menjadi blog dofollow gan, bukan hanya WP saja, karena di dalam blogger juga bisa di setting dengan komentar name/url dan membuatnya menjadi dofollow.

mau tanya kang, submit pakai fetch as google otu apa sama saja dengan submit url?

Bisa dibilang secara umum sama karena bertujuan untuk mempercepat artikel di index, akan tetapi kalau dilihat secara detail ada sedikit perbedaan, yaitu pada penggunaannya. jika pada submit URL itu bebas digunakan, maksudnya adalah bebas mau submit URL blog ataupun URL artikel blog dan penggunaannya bebas digunakan oleh siapa saja baik yang punya blog atau bukan. Sedangkan fetch as google lebih spesifik lagi ke artikel. Jika agan menggunakan fasilitas fetch as google maka sasaran indexnya adalah artikel yang agan fetch tersebut, dan hanya bisa digunakan oleh pemilik blog karena fasilitas tersebut berada pada google webmaster

wahh bagus nih artikelnya buat newbie seperti saya

klo yang gak ke indek itu kenapa ya?

Mungkin penyebabnya terkenan sanbox google gan, atau bisa juga membutuhkan waktu untuk pengindekan,,

artikel anda membantu bagi para pemula blog gan

Jadi gitu ya gan, ane belum mendaptar sama webmaster nih, thanks for info

Jujur dari awal saya masih ga ngerti tentang backlink, apakah cuma numpang url ato saling pasang widget partner >_<

nice article, but i think if we still use .blogspot.com , we dont need to submit our blog to webmaster.

kebetulan blog ane masih baru, dan perlu tingkain SEO, makasih mas

*Berkomentarlah dengan sopan
*Memasang link aktif tidak akan di publish

Back To Top